Saturday, May 26, 2018

Biografi Abu Bakar As - Shiddiq


Namalengkapnyaadalah 'Abdullah bin 'Utsman bin Amir bi Amru bin Ka'ab bin Sa'ad bin Tayyim bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy.
Bertemu nasabnya dengan nabi pada kakeknya Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai, dan ibu dari abu Bakar adalah Ummu al-Khairsalma binti Shakhr bin Amir bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim yang berarti ayah dan ibunya sama-sama dari kabilah Bani Taim.
Abu Bakar adalah ayah dari Aisyah, istriNabi Muhammad.Nama yang sebenarnya adalah Abdul Ka'bah (artinya 'hambaKa'bah'), yang kemudian diubah oleh Muhammad menjadi Abdullah (artinya 'hamba Allah'). Muhammad memberinya gelar Ash-Shiddiq (artinya 'yang berkatabenar') setelah Abu Bakar membenarkan peristiwa IsraMi'raj yang diceritakan oleh Muhammad kepada para pengikutnya, sehingga ia lebih dikenal dengan nama "Abu Bakar ash-Shiddiq".

Proses terpilihnya Abu Bakar ash-Shiddiq RA menjadi kholifah

Pasca meninggalnya Rasulullah SAW, kaum Anshar (pendudukasliMadinah), berkumpul di Saqifah bani Saa’idah. Bukan sekadar berkumpul, tapi mereka sedang mendulang dukungan  kepada Sa’ad bin Ubaidah RA sebagai pimpinan, menggantikan Nabi. Peristiwa tersebut didengar oleh Umar bin Khaththab. Umar lalu memberitahukan kepada Abu Bakar ash-Shiddiq. Lalu, Umar dan Abu Bakar mengajak Abu Ubaidah RA menuju ke Saqifah bani Saa’idah.

Sesampainya di sana, jumlah umat semakin banyak, dan di depan umatitulah Abu Bakar  berpidato agar umat memilih Umar atau Abu Ubaidah. Tapi keduanya menolaknya .Bahkan Umar dan Abu Ubaidah bersepakat untuk membaiat Abu Bakar.Belum juga mereka  menjabat tangan Abu Bakar, Basyir bin Sa’ad yang berasal dari kaum Anshar, menjabat tangan Abu Bakar dan langsung membaiatnya. Dari sini  lalu khalayak membaiat Abu Bakar, baik dari kalangan Anshar, Muhajirin, dan tokoh Islam lainnya.Abu Bakar tidak lagi sanggup menolak amanah yang di berikan umat kepadanya.

Alasan alas an sahabat muhajirin menjadi kholifah pasca Rasulullah

1. Beliau salah satu Sahabat dekat Rasul 
2.
Beliau pernah menggantikan Rasulullah menjadi Imam dikala Rasul sedang sakit. 
3.
Beliau memiliki sifat2 yg sama seperti Rasulullah salah satunya tenang dan penyabar. 
4.
Beliau telah ditakdirkan oleh Allah SWT menjadi pengganti Rasulullah ,khalifah pertama yg akan           meneruskan perjuangan Islam.
5.bersama-sama memperjuangkan agama islam

Load disqus comments

0 komentar