Saturday, August 12, 2017

arti penting kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia


                Indonesia merdeka pada 17 agustus 1945, masyarakat Indonesia selalu merayakan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 agustus yang di lakukan dengan meriah ,mulai dari perlombaan kecil seperti balap karung, makan kerupuk dll hingga upacara militer di istana Negara

                Namun, apakah kalian tahu tentang arti kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia?.Berikut akan kita ulas 3 arti kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia:

1. Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah puncak perjuangan bangsa ini. serangkaian perjuangan menentang kaum penjajah akhirnya mencapai pada suatu puncak, yakni kemerdekaan.

2. Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.

3. Kemerdekaan adalah “jembatan emas” atau merupakan pintu gerbang untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Jadi, dengan kemerdekaan itu bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai. Tetapi, justru muncul tantangan baru untuk mempertahankan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan pembangunan.

Merdeka, bukan berarti perjuangan selesai. Justru merupakan sebuah awal perjuangan rakyat untuk melanjutkan dan mempertahankan kemerdekaan. Masyarakat harus terus berjuang untuk dapat memakmurkan kehidupan masyarakat selanjutnya supaya perjuangan pahlawan yang telah gugur mendahului kita tidaklah sia-sia.

Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia. Memiliki harkat martabat yang sama tanpa diinjak-injak oleh negara lain seperti para penjajah di masa lampau yang terjadi di Indonesia.

Sekian terima kasih? J



Load disqus comments

0 komentar