Pengampu
: Iswati S.Ag
Disusun oleh : 1. Dwi Apriliani
2. Wahyu Isyaraoh
3. M. Fariqil Abror
MAN 1 JEPARA
TP 2017/2018
KATA PENGANTAR
Pertama-tama
saya ingin mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah
memberkati saya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik walaupun
jauh dari kesempurnaan.dimana tugas ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas
mata pelajaran ‘Sosiologi’.
Dengan terselesainya makalah ini penulis mengucapkan
terima kasih kepada:
1.
selaku guru mata pelajaran Sosiologi yang telah
membimbing penulis dalam proses pembelajaran.
2.
Kepada teman-teman
yang telah memberikan bantuan dalam proses pencarian bahan unruk pembuatan makalah yang tidak dapat
disebutkan satu persatu.
.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Perumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Teknologi
Informasi
2.2 Peranan
Teknologi Informasi
2.3 Kehadiran
Teknologi Internet
2.4 Kemajuan
Teknologi dan Pengaruh Pada Kehidupan Remaja
2.5 Dampak
Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi
2.6 Solusi
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi
yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.Teknologi ini menggunakan
seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan
satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan
teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara
global.
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi
teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi
seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Penerapan
teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang menguntungkan pengguna
namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan.Sopan santun berkomunikasi
melalui teknologi seperti telepon seluler (ponsel), dan email cenderung
terabaikan. Penggunaan teknologi sering tidak memperhatikan etika
berkomunikasi.
2.1 Teknologi Informasi
Teknologi
Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara
mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses
penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman
informasi tersebut akan:
a. Lebih cepat
b. Lebih luas sebarannya,
dan
c. Lebih lama
penyimpanannya
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi
melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang
disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada
saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah
ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan
dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang
disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah
itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama.Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya
alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih
efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi
lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
2.2 Peran Teknologi
Informasi
Dalam kehidupan
kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan
telekomunikasi merupakan
sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia
akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam
bidang-bidang antara lain :
1.
Bidang pendidikan (e-education)
Tony Bates (1995) menyatakan bahwa
teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak
untuk pendidikan dan latihan, dan
mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dari ramalan dan
pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya
pengaruh globalisasi,pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan
dua arah, beragam , multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja dan
saat itu juga kompetitif.
Kecenderungan
dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
a.
Berkembangnya pendidikan
terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan
untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan
sebagai strategi utama.
b.
Sharing resource bersama
antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
c.
Perpustakaan &
instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber
informasi daripada sekedar rak buku.
d.
Penggunaan perangkat
teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia,dalam pendidikan
secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat
ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan
media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat
nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah,
mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah
dapat dilakukan.Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan mahasiswanya.
Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara guru dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau
tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom,
interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang
tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion
group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi guru dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%.
2.3 Kehadiran Teknologi
Internet
Kehadiran
teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan
tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung
pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi
dalam kehidupan manusia.
Manfaat TIK dalam bidang sosial antara lain :
1.
Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
2.
Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
3.
Meningkatkan informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas
untuk memasarkan produk setempat.
4.
Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce
2.4 Kemajuan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Remaja
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak
bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan
sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalammelakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudahmenikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang
telah dihasilkandalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada
awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga
memungkinkan digunakanuntuk hal negatif.
Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat
pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring
dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi
antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya
alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone,
facebook, twitter dan lain-lain.
Karena banyak sekali para siswa pengguna jaringan
teknologi informasi (internet). Tidak mengakses suatu hal yang sewajarnya,
mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan kecanggihan teknologi dengan
mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi, yang semuanya itu sangat
tidak wajar bagi para pengguna khususnya para siswauntuk memanfaatkan dengan
menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif. Membuka
situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan
dibidang pendidikan.
Teknologi dapat memberi efek ketergantungan
seperti pada media komputer yang memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon
segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat
penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang
membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa menggunakan
komputer sebagai pelepas stress dengan bermain games yang ada.
Ketergantungan dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan adanya
bantuan dari lingkungan dan orang-orang sekitar kita, yang dapat menyadarkan
pengguna addict tersebut dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik
dari pada yang ditawarkan oleh komputer. Serta memberikan motivasi untuk
memperbanyak kegiatan di luar rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga,
traveling, bersosialisasi dengan teman, maka akan lebih sedikit waktu yang
dihabiskan di depan komputer.
Kemajuan teknologi berdampak pada
kemudahan akses terhadap setiap teknologi sepeti ponsel, komputer, tablet, atau
pun laptop. Permasalahannya, ketika anak kecil mulai kecanduan internet hal itu
memberikan pengaruh terhadap perkembangan mental dan psikologisnya. Para
peneliti
sejak lama mengamati hal ini. Sekian lama mengkaji dan menelaah dampak
internet pada anak, mereka memutuskan untuk memasukan kecanduan internet pada
anak tergolong pada gangguan mental.
Berikut adalah gejala kecanduan teknologi :
1.
Lupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet
terlalu lama.
2.
Menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet
tidak bisa diakses.
3.
Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan lebih banyak untuk
dimiliki memiliki derajat kepuasan yang sama.
4.
Sering berkomentar, berbohong,
rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan
dampak negatif dari penggunaan internet yang berkepanjangan.
5.
Kurang perhatian, gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah
kepercayaan diri, impulsif, tak tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
Masa remaja adalah masa pencarian
jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut
melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam
mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah, bagaikan
kapal yang kehilangan kompas, dan itu akan berdampak tidak baik terhadap
perkembangan kepribadiannya dimasa yang akan datang. Itulah kenapa, masa remaja
adalah masa yang paling rawan terhadap pengaruh yang datang dari luar. Baik
pengaruh positif ataupun pengaruh negatif, disinilah peran
sebagai orang tua di butuhkan untuk dapat membimbing dan mengarahkan anak
remaja agar tidak kehilangan kontrol dirinya (self control).
2.5 Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Remaja
A. Pengaruh kemajuan teknologi bagi remaja dalam dampak positif.
Perkembangan teknologi di era
sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh
dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan
teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat
atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini
adalah internet, handphone, facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi para remaja, karena bisa
menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah menemukan
informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang menyajikan
kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan
tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang
sangat cepat.
Masa remaja adalah masa pencarian
jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut
melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam
mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang
kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.
Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah dapat
langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (Globalisasi).
Pada hakikatnya, kemajuan teknologi
dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari,
dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi yang telah
mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di kalangan remaja.
Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman sekarang berbeda,
di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman sekarang.
Internet membuat pola pikir anak
menjadi lebih terbuka dan bisa menumbuhkan daya kreativitas anak. Dengan banyak
duduk di depan komputer untuk mengakses internet, maka anak akan memiliki
koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan. Internet juga bisa
memberikan dampak yang positif bagi anak dalam memecahkan masalah yang
sedang mereka hadapi.
Dengan sering berhubungan dengan
dunia internet, membuat anak menjadi lebih bisa berfikir kritis dan
berkonsentrasi pada suatu hal Internet bisa mengasah kemampuan anak dalam
bidang verbal dan non verbal. Cara berfikir logis juga bisa ditumbuhkan melalui
internet. Kemampuan kognitif memori anak bisa berkembang dengan pesat
bila anak sering mengakses internet.
B.
Pengaruh kemajuan teknologi bagi remaja dalam dampak negatif.
Teknologi informasi dan komunikasi
sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal dengan komputer,
internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu sudah sering digunakan di semua
kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga sudah banyak yang menggunakan
komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih tersebut juga sudah sangat
bermanfaat bagi orang-orang yang pekerjaaannya bersangkut paut dengan alat
tersebut. Apa lagi sekarang juga sudah ada alat komputer yang lebih praktis di
bawa kemana-kemana yaitu laptop.
Laptop tidak hanya digunakan
orang-orang penting saja, pelajar pun mamakai laptop untuk proses belajar
menagajar. Di samping komputer yang begitu sangat bermanfaat itu, sekarang juga
sudah ada internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan
untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita ketahui. Di dalam internet kita
bias surfing mengenai beberapa hal, misalnya sebagai inspirasi untuk belajar
mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg bias kita lakukan.
Di jaringan internet kita juga bias
mendunia, misalnya ingin mengetahui mengenai Negara lain atau
informasi-informasi mengenai Negara tersebut. Imternet sangat bermanfaat
apabila kita bias menggunakannya. Tetapi ada juga yang salah menggunakannya,
misalnya untuk membuka situs-situs yang berbau pornografi. Itu salah besar.
Biasanya hal tersebut di lakukan
para remaja zaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang mengaku
berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan sangat
meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik jika kita
membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa lagi bagi
anak-anak kelas XII ( dua belas ) yang akan menghadapi ujian, mereka bias
membuka contoh-contoh latihan soal untuk ujian.
Selain itu, di internet juga kita
bias mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita gunakan yaitu
facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring sosial itu sudah
banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan negatifnya.
Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai teman-teman
yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia, mencari teman baru
yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya.
Ada juga para remaja yang salah menggunakannya
yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita kenal sepenuhnya, dan
akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga yang melakukan
tindakan kriminal di jejaring sosial. Sebenarnya, pengaruh kemajuan teknologi
sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak negatif yang bisa
kita temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet ( jejaring sosial )
mereka sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia kerjakan/kewajiban dia.
Para remaja yang membuka
situs-situs ponografi juga banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik
tersebut dan akhirnya menjadikan pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi
dampak negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang harus
kitra lakukan agar para remaja tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu
kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa
hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku
sebagai
remaja yang baik dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang
baik, kita tidak sewajarnya melakukan hal negatif tersebut. Yang itu akan
merugikan diri kita sendiri.
Dunia ini diciptakan berpasang-pasangan,
ada positif ada negatif, maka selain dampak postifnya, Pengaruh Teknologi dalam
permainan anak juga memiliki beberapa dampak negatif, yang sebagian sudah
dibahas diatas, yaitu :
1.
Kuper atau kurang sosialisasi
Tidak
adanya sosialisasi dengan dunia luar dapat membentuk dunia mereka sendiri dan
mengurung diri, apatis terhadap dunia nyata, bahkan dibeberapa kondisi, jika
tak ada komunitas bukan tak mungkin anak menjadi seorang anti-sosial dan
lunatik.
2.
Kecanduan bermain game
Hal yang paling sering
kita temui sekarang ini, Game Center adalah
tujuan anak setelah pulang
sekolah, uang jajan yang harusnya digunakan
untuk jajan atau membeli keperluan sekolah, mereka habiskan untuk memenuhi rasa candu mereka.
3.
Kesehatan
Seharian didepan komputer, tidak
makan tidak minum, mata fokus kelayar monitor yang merusak mata, tentu saja
dapat mengurangi kebugaran fisik anak,atau bahkan menyebabkan penyakit, seperti
miopi atau rabun dekat, silinder, ambeien karena duduk terlalu
lama, kebugaran fisik yang berkurang.
4.
Moral
Permainan
sekarang banyak menampilkan fitur pemukulan, pembunuhan, pencurian, perampokan,
hingga seks.
5.
Kriminalitas
Lanjutan
beberapa point diatas, jika uang sudah habis, dan orang tua tidak mau memberi
lagi, apa yang dapat dilakukan, jika otak mereka sudah tak beres dan juga minim
pengarahan, bukan tak mungkin uang dibalik pakain dapat diambil, atau sekedar
uang orang yang ketinggalan digame center, kriminalitas lainnya mungkin
kekerasan ,bukan tidak mungkin tawuran sekarang karena mereka terlalu sering
bermain.
2.6 Solusi
Solusi yang
tepat untuk menghadapi masalah-masalah yang dijelaskan dalam masalah ini adalah
peran orang tua. Karena disini peranan dari
kedua orang tua sangatlah penting. Kedua orang tua diharapkan dapat
membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan Teknologi
Informasi
dan Komunikasi. Sehingga anak-anak dapat mengerti hal apa saja yang termasuk
hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan juga terdapat beberapa cara untuk
mencegah dampak-dampak negatifnya.
1. Orang tualah yang
seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
2. Gunakan software yang
dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany
chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses
yang berbau seks dan kekerasan.
3. Letakkan komputer di
ruang publik rumah untuk mempermudah pengawasan.
4. Tanamkanlah nilai kebersamaan terhadap sesama, karena kebersamaan akan
mewujudkan hubungan serta emosi yang sangat dekat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa pada
zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini.
Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua
orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan
perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus
berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat mudah
terhubung dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah.
3.2 Saran
1. Pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan baik di sekolah atau perguruan
tinggi menjadi hal mutlak mengingat kondisi permasalahan yang makin kompleks.
Pendidikan berbasis TIK hanya akan
berhasil apabila dikelola dan ditangani dengan terencana, sistematis, dan
terintegrasi.
2. Perencanaan dalam
pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi kebijakan,
standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan kultur SDM
pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif dan
efisien.
3.
Penyelenggaraan pendidikan berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan
jarak jauh (e-Learning), membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya,
pemerintah, swasta serta masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi
pendidikan yang memadai.
DAFTAR PUSTAKA
2. http://www.scribd.com/doc/32605728/Makalah-Pengaruh-Teknologi-Informasi-Terhadap-
Perilaku-Remaja
5. Dampak dari teknologi informasi dan
komunikasi di bidang pendidikan di kutip dari http://risyana.wordpress.com/2009/04/13/keuntungan-dan-kerugian-dalam-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/
0 komentar